Sunday, August 19, 2007

sekilas Doha - Qatar

Setiap kali ke Doha Qatar yang jadi masalah adalah visa.
Beberapa orang memberi info A , lalu yang lain B, tapi baru kali ini kami tahu bener bagaimana aturannya.
Untuk masuk Qatar kalau anda seorang Engineer, Dokter atau Manager gak perlu calling visa tapi hanya visa on arrival saja.
Dan mereka2 diatas ini boleh membawa keluarga nya untuk visa on arrival, tapi kalau istri atau anaknya golongan diatas gak bisa masuk sendiri tanpa suaminya kecuali istrinya bekerja dibidang tsb.

Jadi kalau lain kali mampir Doha , saya sendiri, nhaaaa ini baru repot, saya harus minta calling visa, untungnya pihak sekolah Bamby mau nguruskan, jadi 2 minggu sebelum berangkat Bamby akan ngurus calling visa buat aku.
Kalau kepepet ya suami kudu ikut buat jaminan dapet visa on arrival....

Biasanya hotel juga mau nguruskan calling visa buat kita atau dengan Qatar Airways kalau tak salah ada Qatar Holiday, tapi rasanya hanya untuk group bukan perorangan. Biasanya seh pihak hotel yang membuat calling visa tapi bisa ditanyakan juga apakah pihak airlines juga mau membuatkan calling visa.
Dan semua itu pake bayar jumlah tertentu , aku lupa berapa karena di bandara untuk visa on arrival kita hanya diminta menggesek kartu ajah, entah buat yang gak punya CC , apakah mau terima kontan atau engga , blum jelas neh.

Tiket ke Doha dari AD sebenernya gak terlalu mahal kalau tak salah 540 dhs saja...tapi harga keseluruhan tiketnya jadi 1010.... kenapa ? taxnya mahal banget.
Aneh banget deh peraturan baru, harga tiket murah tapi taxnya mapun2an.... jadi kalau kita dapet tiket gratis jangan kira nil tapi tetep aja kita kudu bayar pajaknya yang harganya hampir sama dengan harga tiketnya itu sendiri.

Naik kendaraan sendiri ke Qatar lama perjalanannya paling banter 8 jam, kayak ke Muscat ajah tapi bisa nyampe Dohanya 12 jam paling sial...
Kenapa ? lama di border Saudinya....semua barang dibongkar dan juga ngantreee....
Visanya ?
Nah ini kendala paling parah.

Kalau kita dari AD mau ke Qatar, harus :
1. minta pihak di Qatar membuat visa buat kita, calling visa beberapa minggu sebelumnya.
2. ketika calling visa Qatar keluar, maka kita kudu ke Hamla untuk ngurus visa ke Saudi. Meski hanya lewat tapi mereka minta kita punya visa, dan lamanya hampir 2 minggu tergantung hamlanya.
3. setelah semua selesai, kita jangan lupa minta kantor menjamin mobil yang kita tumapngi, terutama kalau mobinya masih dalam jaminan bank, kalau engga dijamin mobilnya gak bakal bisa keluar UAE.

Yang ingin menyewa kendaraan atau kalau kebetulan ada yang minjemin kendaraan kita boleh pake SIM dari negara asal kita tapi hanya berlaku 1 minggu, setelah satu minggu SIM kita gak berlaku lagi di Qatar. Kita diminta convert ke SIM nya mereka.
Turis kayaknya paling ekonomis gak lebih dari seminggu, tiket yang seminggu dan berlalu setahun bedanya hampir 2 kalinya....
Makanya SIM juga berlaku 1 minggu, padahal di daerah lain ada yang berlaku 3 bulan.

Mudah2an tips ini berguna bagi yang akan jalan ke Qatar.


Back to : Mengantar Bamby ke Doha - Qatar



0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home